Identifikasi Potensi Objek Wisata Pantai Batu Meja di Kelurahan Tongkaina

  • Frans V Rattu Politeknik Negeri Manado Jurusan Pariwisata
  • Easter Ch.M. Tulung Politeknik Negeri Manado Jurusan Pariwisata
  • Meiske M Sangian Politeknik Negeri Manado Jurusan Pariwisata
Keywords: Potensi, identifikasi, wisata pantai Batu Meja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja yang dimiliki Obyek Wisata Pantai Batu Meja kemudian nanti dapat diarahkan  pengembangan Obyek yang cocok, serta menginventaris permasalahan-permasalahan yang di hadapi dalam Obyek Wisata Pantai Batu Meja ini. Penelitian ini menggunakan Metode observasi deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata pantai Batu Meja di Kelurahan Tongkaina memiliki daya tarik  berupa pantai yang indah dengan karang-karang yang besar yang berbentuk datar sehingga disebut batu meja; 2) hamparan hutan mangrove dangan berbagai species; 3) pemandangan bawah laut yang indah sehingga dapat dijadikan tempat wisata menyelam; dan 4) pemandangan pantai yang mengesankan apalagi disaat sunset. Kesimpulan yang diambil objek wisata pantai Batu Meja memilihi potensi yang sangai baik untuk dikembangkan menjadi objek wisata andalan di kelurahan Tongkaina. Wilayah pesisir pantai dan laut yang memiliki keaslian lingkungan alam dan belum tersentuh secara teknologi dapat menjadi salah satu aset kelurahan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

References

Mengko Seska M. H, Pearl L. Wenas, Selvie R. Kalele.2018.Pal Beach Tourism Development in Marinsow Village, North Minahasa Regency.Departement ofTourism, State Polytechnic of Manado.Manado.Journal of Indonesian Tourism and Development Studies.Vol.6. No.2.
Ridwan,Mohamad. (2012), Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT SOFMEDIA: Medan.
Safary, Any. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.
Sugiama Gima A, Ecotourism: Pengembangan Pariwisata Berbasis Konversi Alam, Journal Bandung: Guadaya Intimarta, 2011:17
Published
2023-01-09
How to Cite
Rattu, F., Tulung, E., & Sangian, M. (2023, January 9). Identifikasi Potensi Objek Wisata Pantai Batu Meja di Kelurahan Tongkaina. HOSPITALITY AND TOURISM, 6(1), 321-333. https://doi.org/https://doi.org/10.35729/jhp.v6i1.120
Section
Hospitality and Tourism