Analysis Of Hotel Business Strategies In Supporting Tourism Development In The City Of manado

  • Madeleine P.V Langi Politeknik Negeri Manado
  • Bet El Silisna Lagarense Program Studi D4 Global Tourism Management, Politeknik Negeri Manado
  • Oktavianus Lintong Program Studi D3 Ekowisata Bawah Laut, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi pada suatu wilayah. Dampak pariwisata juga begitu besar dalam membantu melestarikan budaya, sejarah maupun tradisi lokal. Pengelolaan pariwisata yang efektif dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi serta industri untuk meningkatkan pengembangan pariwisata khususnya Kota Manado. Pengembangan pariwisata memiliki dampak yang cukup signifikan dalam berbagai aspek yang dimulai dari, dampak ekonomi, yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, dengan meningkatnya lapangan pekerjaan yang tersedia lalu dampak sosial, lewat pengembangan pariwisata yang memberikan kesadaran terhadap warisan sejarah dan budaya dari daerah lokal. Terdapat kendala yang dihadapi dalam pengelolaan bisnis perhotelan seperti, persaingan kualitas dengan harus adanya strategi pemasaran yang kuat dan diferensiasi yang jelas. Lalu perrlu menganalisis mengenai strategi pemasaran yang dilakukan dengan efektif untuk menarik wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis Bisnis Perhotelan Dalam Pengembangan Pariwisata di Kota Manado, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung pada pihak manajemen hotel khususnya pada bagian penjualan dan marketing, serta melakukan survey online guna mengetahui promosi-promosi seperti apa yang dilakukan oleh pihak hotel melaui media sosial. Hasil penelitian yang telah di lakukan membuktikan bahwa bisnis perhotelan memiliki pengaruh besar dalam pengembangan sektor pariwisata yang ada di Kota Manado sebab berperan penting dalam menyediakan sarana akomodasi bagi para wisatawan, sehingga dapat memberikan pendapatan pada hotel. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah, pada prinsipnya masing-masing dari pihak pengelola Hotel memiliki strategi masing-masing dalam memajukkan masing-masing hotel, namun memiliki standarisasi yang sama, yaitu bagaimana bisa memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan kemampuan dan fasilitas Hotel. Soal persaingan dan mutu adalah internal masing-masing pengelola.

 

References

Ardianyah, Ardianyah. (2021). "The Position of the WTO Valuation Agreement and International Agreements Regulating Customs Values from the Theory of Applicability of International Law." Iblam Law Review 1.2 (2021): 121-139.
Aristoteles, A. S. R., Raden, A., Kurnia, C., Fakhri, M., Robbani, N. S., Marlon, N. A., & Utama, S. D. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata dan Potensi Kearifan Lokal Di Kelurahan Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.
Escolano, Utrilla, S. (2016). ”Pentingnya mengembangkan sektor sector unggulan berbasis keunikan / kekhasan daerah akan mengakselerasi pertumbuhan wilayah, khususnya pada sektor ekonomi”, dalam Pradana, Herry. "Pengembangan pariwisata pasar terapung Kota Banjarmasin." Jurnal Kebijakan Pembangunan 15.1 (2020): 63-76.
Ismayanti. 2011. Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.
Jaya , I. Wayan Paramarta, and I. Gede Putra Ariana. "Peran Undang–Undang Nomor 10 Tahun (2009). Tentang Kepariwisataan Dalam Perlindungan Dan Pelestarian Objek Wisata." Jurnal Kertha Negara 2.5 (2014): 1-5.
Mohamad Sawir (2023). “Pengantar Ilmu Pariwisata” Padang: PT Globa Eksekutif Energi.
Ramadhan, S. H., & Arida, I. N. S. (2020). Karakteristik dan Makna Rekreasi Pengunjung dalam Torkildsen (2005) dan Recreation di Tukad Bindu Kota Denpasar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 358.
Suwithi, Ni Wayan. "Akomodasi perhotelan." Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (2008).
Yoeti, Oka .A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.
------------------ (1997) Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.
-------------------(1999). "Pengantar Ilmu Pariwisata, penerbit PT." Angkasa, Bandung (2008)
Zebua, Manahati (2016) Inspirasi Pengembangan Parriwisata Daerah. Deepublish. Yogyakarta.
Published
2024-07-30
How to Cite
Langi, M., Lagarense, B., & Lintong, O. (2024, July 30). Analysis Of Hotel Business Strategies In Supporting Tourism Development In The City Of manado. HOSPITALITY AND TOURISM, 7(2), 53-71. https://doi.org/https://doi.org/10.35729/jhp.v7i2.146
Section
Hospitality and Tourism